Laptop Yang Paling Ditunggu, Next Level Gaming ROG & TUF Kini Hadir di Malang

Kamis, 12 September 2024 kemarin aku berkesempatan untuk datang ke acara media roadshow ASUS Next-Level Gaming di Malang. Acara yang  diselenggaran di Hotel Harris Convention Center Malang ini memperkenalkan tiga product terbaru dari ASUS ROG (Republic of Gamers) yaitu ROG Zephyrus G16, TUF Gaming A14 dan ROG Ally-X.

Acara dengan tema “Next-Level Gaming : Unleash The Power of AI With NExxt-Level ROG and TUF” ini dimulai dari pukul 17.00 WIB dengan penjelasan dari Muhammad Firman Head of Public Relation ASUS Indonesia tentang awal mula dibuatnya product ASUS ROG.

Product dari ASUS ROG ini sudah mulai dipasarkan sejak tahun 2006 tepatnya di bulan Juli dan menjadi produsen laptop gaming pertama di Indonesia pada tahun 2007. Seiring berjalannya waktu, ASUS ROG terus berkembang dan berinovasi hingga pada tahun 2015 menjadi produsen laptop gaming terbesar di Indonesia dan meluncurkan product laptop dengan pendingin mobil. 

Mulai tahun 2020 ASUS ROG mulai mengeluarkan product laptop berbody slim dengan batrei kapasitas besar untuk memudahkan gamers dengan mobilitas tinggi. Ditahun 2023 kemarin mengeluarkan product Handheld PC pertama yang ringkas, mudah dibawa dan memiliki performa gaming tinggi.

Dan ditahun ini  ASUS ROG berinovasi kembali menciptakan Slim Gaming Laptop yang bisa digunakan nggak hanya gamers saja namun juga mampu memenuhi kebutuhan para conten creator, desainers, business professional, artist atau public figure hingga pelajar dan manahasiswa. Laptop gaming seperti apa itu? Berikut penjelasan Nadia Tasya selaku Consumer Procut PR.

Next-Level Gaming ROG &TUF

Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director mengatakan,”Dua laptop next-level AI dan satu handheld gaming PC yang hadir hari ini merupakan wujud inovasi terdepan dunia yang kami hadirkan untuk para gamers di Indonesia. Saatnya menuju The Next-Level of Gaming!”

Sesuai dengan perkataan Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director tahun ini ASUS meluncurkan 2 product laptop gaming dan satu handheld gaming PC yaitu ROG Zephyrus G16 dan TUF Gaming A14 sebagai Next-Level AI Gaming laptop pertama dan ROG Ally X sebagai handheld gaming PC paling powerful di Indonesia. 

Performa Next-Level Hardware

Ketiga product ASUS ROG Next-Level Gaming ini memiliki performa yang yahud karena didukung dangan komponen hardware yang oke. Berikut komponen hardware ASUS ROG Next-Level Gaming

  • Prosesor AMD RyzenTM AI 300 Series dengan next-level AI.
  • AMD XDNATM 2 yang baru, NPU ini menawarkan 50 TOPS (Trillons of Operaions er Second) kekuatan pemrosesan AI.
  • Zen 5 terbaru, prosesor ini dilengkapi hingga 12 CPU core berkinerja tinggi dengan 24 Thread dan memori L3 cache 50% lebih banyak dibandingkan dengan prosesor Zen 4 sebelumnya.
  • Dikombinasikan dengan GPU laptop NVIDIA@ GeForce RTXTM seri 40 yang dilengkapi dengan AI Tensor Core khusus memberikan luar biasa untuk performa mutakhir dan kemampuan transformasi dalam bermain game.
  • Untuk handheld ROG Ally X memiliki memori LPDDR5X 24GB dan penyimpanan PCle SSD 4.0 1 TB untuk memastikan kecepatan dan kelancaran bermain.

Next-level ROG Zephyrus G16 (GA605)

Rekomended untuk : gamers, programmer, pekerja, content creator

Laptop ini cocok banget buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi, karena memiliki desain yang ultra-modern dan ringan banget berkat penggunaan CNC-machined chassis. Dengan berat hanya 1,85 kg dan tebal 1,49 cm menjadikannya salah satu laptop gaming paling tipis di kelasnya.

Memiliki layar 16” dengan peningkatan ruang pada keyboard dan system audionya. Keyboard edge-to-edge dengan tombol yang lebih besar dan touchpad yang diperbesar, seingga nyaman untuk digunakan. Suara juga lebih jernih dan bertenaga karena audionya didukung oleh Dolby Atmos dan speaker yang lebih besar.

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G16 (GA605)

  • Prosesor AMD RyzenTM AI300 Series yang dilengkapi dengan NPU berkinerja hingga 50 TOPs
  • Prosesor menggunakan arsitektur Zen5 terbaru yang memberikan efisiennsi daya lebih baik dari generasi sebelumnya.
  • Arsitektur grafis AMD RDNATM 3.5 baru, grafis AMD RadeonTM Seri 800M terbaru yang dirancang untuk memberikan framerate yang lancar dalam bermain game AAA.
  • GPU laptop hingga NVIDIA@ GeForce RTXTM 4070 (321 AI TOPs) yang mendukung aktivitas gaming, redering dan eksperimen AI.
  • Memilikiteknologi tri-fan dan liquid metal guna memastikan suhu tetap terkendali.
  • Layar ROG Nebula Display dengan panel OLED dan dilengkapi dengan teknologi VRR (Variable Refresh Rate) yang menawarkan pengalaman gaming mulus tanpa tearing dan stuttering.
  • Panel OLED pada layar mampu menyajikan akurasi warna tinggi dengan cakupan 100% DCI-P3, response 0,2 ms, serta dukungan HDR dan sertifikasi industry.

Dengan spesifikasi tersebut tentu saja laptop ASUS ROG Zephyrus G16 ini nggak hanya cocok buat para gamers saja tapi juga pas buat para pekerja, programmer dan content creator.

Next-Level TUF Gaming A14 (FA401)

Recommended untuk : gamers, business professional, content creator, pelajar dan mahasiswa.

Memiliki desain kompak dan ringan, membuatnya mudah untuk dibawa kemana aja sehingga cocok bangete buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan layar berukuran 14” laptop gaming paling tipis dikelasnya ini memilikii ketebalan hanya 1,69cm dan berat sebesar 1.46 kg.

Meski memiliki body yang slim, TUF Gaming A14 ini konstrusinya tahan banting lho! Karena telah lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade. Sehingga bisa dipastikan dapat tetap handal dalam berbagai kondisi.

Dari segi penggunaan, laptop ringkas ini nyaman digunakan baik untuk bermain games atau melakukan aktivitas lainnya. Karena keyboardnya dirancang memiliki travel distance optimal serta touchpad yang lebih besar.

Spesifikasi TUF Gaming A14

  • Prosesor AMD RyzenTM AI 300 Series yang dibekali dengan NPU berperforma hingg 50 TOPs. Didukung pula dengan kombinas CPU, IGPU dan NPU yang canggih, sehingga mampu menghadirkan kinerja terdepan untuk gaming dan produktivtas elit.
  • Generasi ketiga seri Ryzen AI sehingga memungkinkan kehebatan komputasi laptop yang privat, responsive dan cerdas. Serta mampu menghadirkan kinerja terbaik dalam berbagai kegiatan mulai dari gaming hingga multitasking berat.
  • GPU laptop NVIDIA@ GeForce RTXTM 4060 (233 AI TOPs) yang memiliki kemampuan AI canggih yang memastikan bahwa TUF Gaming A14 ini mampu menangani game modern dan kebutuhan komputasi intensif lainnya.
  • Dilengkapi dengan fitur Next-level AI yang menyediakan lapisan kecerdasan tambahan guna memudahkan untuk pengerjaan tugas dan melakukan aktivitas secara efisien.
  • Layar 14” yang mendukung refresh rate 165Hz serta kurasi warna dengan color ganut 100% sRGB yang memiliki tampilan visual yang memanjakan mata.
  • Bermain games jadi bebas tearing dan stuttering karena didukung oleh teknologi Adaptive-Sync, menjadikan setiap sesi permainan menjadi semakin imersif.

Dengan performa yang diberikan TUF Gaming A14 ini cocok banget buat para gamers yang membutuh keseimbangan antara portabilitas, performa, dan daya tahan. Tak hanya itu, TUF Gaming A14 ini juga cocok buat kalian para pekerja kreatif, buisness professional hingga pelajar dan mahasiswa.

Next-Level Handheld Gaming PC ROG Ally X

Bagi para gamers, ROG Ally X ini sudah barang tentu sangat ditunggu-tunggu. Handheld Gaming PC terbaru ASUS ROG ini hadir dengan berbagai peningkatan mulai dari ruang penyimpanan hingga joystick dan tombol. Peningkatan performa ini dilakukan berdasarkan masukan dari para gamers.

Spesifikasi ROG Ally X Handheld Gaming PC

  • Ruang penyimpanan kini menggunakan M.2 2280 PCle Gen4 SSD berkpasitas 1 TB, serta memori 24GB LPDDR5X-7500 yang mampu meningkatkan performa gaming. Memori ini juga mendukung iGPU RadeonTM  pada Ryzen Z1 ExtremeTM dengan VRAM hingga 8GB, 16 sisanya digunakan untuk aplikasi dan game.
  • Baterai 80Wh hampir dua kali lipat dari sebelumnya.
  • Dilengkapi dengan 2 port USB Type-C
  • Tombol dan joystick diperbarui agar lebih nyaman digunakan, serta penyesuaian posisi untuk tombol M1 dan M2.
  • Untuk sistem pendingin, ASUS memperkenalkan sistem baru dengan dua kipas yang ukurannya lebih kecil namun mampu meningkatkan aliran udara sebesar 24% yang mampu membuat suhu operasi ROG Ally X bisa lebih rendah hingga 60C.


Tidak ada komentar

Posting Komentar