Rekomendasi Obat Batuk Kering Untuk Anak


Batuk kering merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh anak-anak. Kondisi ini merupakan pertanda adanya gangguan pada saluran pernapasan bagian atas. Batuk tidak berhenti tenggorokan gatal pada anak bisa terjadi karena banyak hal, seperti infeksi virus atau bakteri, asma, alergi hingga iritasi.

Batuk tidak berhenti tenggorokan gatal yang terjadi terus menerus menyebabkan nyeri pada area leher dan membuat anak jadi cepat lelah. Nggak cuma itu, batuk kering juga bisa mengganggu istirahat anak pada malam hari.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan rasa gatal akibat iritasi tenggorokan yang mengganggu.

  1. Untuk mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh GERD atau postnasal drop kalian bisa memposisikan tidur anak dengan kepala anak lebih tinggi.
  2. Memberikan cairan hangat secara rutin seperti teh tanpa kafein atau kaldu ayam. Cairan hangat ini bisa membantu mengencerkan lender dan menimbulkan kenyamanan di tenggorokan.
  3. Memandikan anak dengan air hangat. Hal ini juga berguna untuk meredakan iritasi pada tenggorokan. Kalian juga bisa memberikan uap air panas dengan duduk di kamar mandi selama 20menit untuk akan usia di bawah 2 tahun.
  4. Jika udara di ruangan terlalu kering dan panas, gunakan humidifier untuk menambah kelembabab udara.
  5. Untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, kalian juga bisa memberikan anak madu.
  6. Jika batuk tidak berhenti ternggorokan gatal pada ada berlangsung lama, kalian bisa mencoba untuk memberikan obat batuk atau permen pelega tenggorokan untuk anak.

Rekomendasi Obat Batuk Kering Untuk Anak

Ada beragam obat batuk kering untuk anak yang beredar di pasaran. Obat batuk ini tersedia dalam bentuk sirup maupun oles. Berikut rekomendasi obat batuk kering yang terbukti efektif meredakan batuk dan tenggorokan kering dan aman digunakan untuk anak.

1. Bodrexin Herbal Batuk

Merupakan obat batuk kering yang berbentuk sirup yang dikemas dalam kemasan sachet untuk sekali minum. Memiliki kandungan jahe, akar manis, thymi, daun cengkeh, daun mint, dan madu terbukti mampu meredakan batuk kering dan tenggorokan gatal.

Bodrexin herbal batuk ini cocok dikonsumsi oleh anak usia 2 sampai 12 tahun. Berikan sirup obat batuk ini sebanyak ½ hingga 1 sachet sekali minum sebanyak 3 kali sehari. Tidak disarankan untuk memberikan obat ini kepada anak usia di bawah 1 tahun, karena obat ini mengandung madu yang dapat meningkatkan risiko terjadinya botulisme pada anak usia si bawah 1 tahun.

2. Herbakof

Obat ini juga berbentuk sirup yang bermanfaat untuk meredakan batuk kering dan melegakan tenggorokan. Kandungan dari herbakof ini adalah daun legundi, jahe, daun saga, dan buah mahkota dewa yang mampu mengatasi batuk dan mengurangi gatal pada tenggorokan.

Obat ini cocok untuk anak usia 12 hingga 18 tahun. Takaran herbakof untuk anak-anak adalah 5ml sekali minum sebanyak 3 kali sehari. tidak diperkenankan untuk memberikan obat ini kepada anak bayi berusia di bawah 1 tahun.

3.Laserin

Sama seperti yang lainnya, laserin ini juga merupakan obat batuk sirup dengan kandungan bahan herbal seperti jahe merah, daun sirih, kayu manis, cengkeh, madu, akar manis (licorice), dan thymi. Perpaduan bahan tersebut dipercaya mampu mengurangi peradangan dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh batuk. Jadi bisa digunakan untuk mengobati batuk tidak berhenti tenggorokan gatal yang terjadi pada anak.

Untuk dosis konsumsi anak adalah 1 sendok the sebanyak 3 kali sehari.

4. Transpulmin Kids

Berbeda dari yang lainnya, transpulmin kid ini berbentuk balsam. Dengan kandungan bahan aktif minyak eukaliptus dan ekstrak chamomile, transpulmin kids mampu membantu melegakan pernapasan dan menghangatkan badan anak. Balsam ini cocok digunakan untuk meredakan gejala batuk.

Cara pemakaiannya dengan mengoleskan atau menggosokkan ke bagian dada, punggung dann leher anak sebanyak 2 hingga 4 kali sehari. Obat ini baikknya digunakan pada anak berusia 2 tahun ke atas.

Sido Muncul Tolak Angin Batuk

Batuk tidak berhenti tenggorokan gatal pun sering dialami oleh orang dewasa. Tingkat prevalensinya mencapai 15% pada anak-anak dan 20% pada orang dewasa.

Namun kini tak perlu khawatir lagi karena Sido Muncul telah meluncurkan produk terbarunya yaitu Sido Muncul Tolak Angin Batuk yang mampu meredakan batuk kering dan tenggorokan gatal.

Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan herbal alami yang aman untuk dikonsumsi. Kandungan bahannya terdiri dari buah adas, jahe, kayu ules, kencur, beras, daun mint, madu dan daun cengkeh.

Sido Muncul Tolak Angin Batuk ini  dikemas dalam dos yang berisi 5 sachet ukuran 15ml. Obat herbal ini berkhasiat untuk meredakan gatal tenggorokan, mengencerkan dahak, dan menghangatkan ternggorokan serta pernapasan.

Obat batuk cocok digunakan untuk orang dewasa berusia di atas 12 tahun. Tidak diperkenankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak usia di bawah 12 tahun, ibu hamil dan menyusui.

Dosis minum untuk orang dewasa adalan 3 sachet setiap hari setelah makan, jangan lupa untuk mengocoknya sebelum minum. Jika kalian melihat titik hitam dalam produk Tolak Angin Batuk, itu merupakan ekstrak tanaman obat.

Itu tadi beberapa rekomendasi obat batuk kering yang efektif dan aman untuk dikonsumsi.

 

2 komentar

  1. Sekarang lagi musim batuk pilek pada anak dan dewasa. Penting banget punya Sido Muncul Tolak Angin Batuk ini di rumah buat stok. Jadi, kalau dibutuhkan langsung bisa minum, terutama di malam hari saat suka kambuh.

    BalasHapus
  2. Laserin nggak asing buatku waktu masih anak-anak dulu, mungkin karena ortu seringnya beli brand ini ya.
    Dan sekarang produk Sido Muncul makin bervariasi, bahkan ada tolak angin batuk, pas banget buat aku yang kadang males mau minum tablet

    BalasHapus